Gizi Seimbang: Tumpeng Gizi Indonesia

Indonesia yang berada pada daerah tropis memiliki beragam jenis makanan yang bisa dikonsumsi sebagai kebutuhan harian individu. Dalam pemenuhan gizi seimbang kita mengenal istilah tumpeng gizi Indonesia, yang memiliki arti susunan beragam makanan, aktivitas yang memenuhi nilai gizi seimbang sesuai dengan kebutuhan individu.



Dalam pemenuhan gizi seimbang Indonesia terdapat sepuluh pedoman yang bisa diterapkan dalam keseharian dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan gizi seimbang. Hal pertama yang harus dilakukan yakni, mensyukuri dan menikmati keragaman makanan yang disediakan oleh bumi pertiwi. Ini adalah pemberian sang maha pencipta.

Kedua, perbanyak makan sayur-sayuran untuk menjaga daya tahan tubuh dan makanlah buah secukupnya.

Ketiga, biasakan mengonsumsi lauk-pauk yag mengandung protein tinggi untuk membantu tumbuh kembangnya tubuh.

Kelima, biasakan mengonsumsi beranekaragam makanan pokok, sehingga bisa mengurangi jumlah konsumsi nasi dalam tubuh.

Keenam, batasi makan makanan yang manis, asin dan minyak.

Ketujuh, biasakan sarapan agar kuat menghadapi hari yang berat.

Kedelapan, biasakan minum air dalam jumlah aman. Kekurangan air dapat mengakibatkan metabolism tubuh tidak berjalan dengan normal

Kesembilan, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir

Kesepuluh, lakukan aktivitas tubuh yang cukup dan pertahankan berat badan normal

Tumpeng yang berbentuk piramida berisi beragam jenis makan yang dibutuhkan oleh tubuh, semakin kecil potongan tumpeng maka semakin sedikit jumlah makanan yang dibutuhkan oleh tubuh. Begitu pula sebaliknya semakin besar potongan tumpeng semakin banyak kebutuhan makanan yang dibutuhakan oleh tubuh.

Porsi makanan pokok yang dibutuhkan oleh tubuh berupa sumber karbohidrat. Karbohidrat dapat ditemukan pada bijian, beras, umbi dan jagung. Variasikan makan harian Anda dengan beragam jenis makanan yang mengandung karbohidrat.

Porsi sayuran dan buahan yang harus dikonsumsi harus mencukupi kebutuhan tubuh. Memakan sayuran juga bisa dengan beragam metode agar tidak bosan. Begitulah pula dengan buah, makanlah beragam buah. Ada beberapa buah yang musiman dan yang ada sepanjang waktu. Semua disediakan untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Porsi protein yang berasal dari lauk pauk baik yang nabati maupun yang hewani. Semua protein baik untuk tubuh, makanlah secara bervariasi setiap hari sehingga mendapatkan asupan gizi yang seimbang.

Porsi gula, garam dan minyak yang biasanya menjadi hidangan tambahan dalam pengolahan makanan untuk mendapatkan makanan sesuai dengan selera. Dalam sehari maksimal gunakan gula 4 sdm, garam 1 sdt dan minyak 5 sdm.

Porsi air putih yang dibuuhkan oleh tubuh adalah berat badan di bagi dua. Misalkan berat badan 40 kg maka minumlah air putih 2 liter perhari atau 4 gelas.

Kebersihan diri menjadi sangat penting bagi tubuh. Tubuh yang bersih menjadikan kita bersemangat, disukai teman dan tidak menimbulkan penyakit kulit. Mandilah 2 kali sehari, dipagi hari dan sore hari.




Aktivtas fisik yang bisa dilakukan sesuai dengan pekerjaan utama individu, misalkan berjalan, berenang, bersepeda dan senam.

Timbanglah berat badan anda, agar bisa memantau jumlah makanan, aktivitas dan kondisi tubuh.

Sebagai kesimpulan, tumpeng gizi Indonesia sangat penting untuk diketahui agar kita bisa mengatur asupan gizi kita

Comments